Yukova Nathaniel

Anakku Karunia Besar Dari Tuhan

Aku Kecil Tapi Berkarya

Mam Eka & Nathaniel

Mam Eka & Nathaniel

Hari ini sepulang gereja saya bersama istri berjalan-jalan di Sun City Sidoarjo untuk mencari juicer. Ada kenangan indah ketika kami masih bersama Yukova Krisna Nathaniel  yaitu ketika anak kami yang  masih kecil berkarya diatas panggung untuk yang pertama kali pada 14 November 2012 saat Sidoarjo Education expo . Pertama kali anak-anak TK Adelia tampil dipanggung adalah sebuah hal yang menjadi tantangan bagi orang tua yang mau perduli dan terlebih bagi para guru yang mendidik anak-anak ini. Bagaimana tidak untuk mengatur seseorang yang bisa menerima instruksi begitu susahnya nah bagaimana ketika harus mengatur anak-anak yang berkebutuhan khusus yang memiliki ke-uniq-an masing-masing. Sebagai orang tua saat itu tidak bisa kami bayangkan, hanya terbesit keinginan untuk bisa memberikan sesuatu yang dapat kami berikan. Baik dukungan support antar/jemput ketika ada kegiatan supaya para guru tidak terlalu terbeban dengan yang lain.

TK Adelia adalah taman kanak-kanak inklusi yang didalamnya ada beberapa anak yang berkebutuhan khusus maupun anak-anak yang normal. Nathan adalah  murid anak down syndrome pertama di TK Adelia sedangkan ada beberapa anak yang lain yang berkebutuhan khusus Autism maupun Cerebral Palsy. TK Adelia bukanlan sekolah besar dan berlatar belakang murid anak-anak  punya kemampuan ekonomi yang tinggi, bahkan beberapa anak normal adalah siswa berbeasiswa tanpa bayar. Namun salut terhadap guru-guru yang masih punya semangat untuk tetap mengajar dengan hati dan tidak melulu materi,  dari situlah empaty kami ada karena apa yang dilakukan dengan hati adalah sesuatu yang terbaik.

Saat itu saya ikut serta mendampingi dalam pentas anak-anak istimewa ini, dan terus terang sebagai orang tua ada kebanggaan tersendiri ketika melihat anak-anak yang mungkin dalam lingkungan masyarakat dipandang sebelah mata dan saat itu tampil didepan panggung melenggak-lenggok badan membawakan sebuah opera sederhana. Tampil dipanggung pertama ada tangisan semua anak-anak baik mereka yang berkebutuhan khusus maupun yang normal. Tapi tak berlangsung lama, Nathan-pun akhirnya bisa bersemangat kembali mengikuti guru-guru untuk bergerak sesuai dengan apa yang diajarkan.

Berikut ini sedikit foto kenangan Education Expo @Sun Sity Sidoarjo

 

Tagged as: , , , , , , ,

Leave a Response