Yukova Nathaniel

Anakku Karunia Besar Dari Tuhan

Stop Berpikiran Negatif

Coba jujur saja, Anda suka bergosip atau cepat marah? hati-hati, bisa-bisa Anda terkena ‘tulah’ terkena penyakit. Bukan karena ada ‘jampi-jampi’, tapi karena kekebalan tubuh Anda yang melemah. Apa hubungannya ya? Bila kita marah dan sebal pada orang lain itu biasanya berasal dari pikiran negatif kita terhadap orang yang jadi topik pembicaraan. Nah sebuah penelitan di The Journal Proceedings of The National Academy of Science menemukan fakta bahwa aktivitas otak yang berpikiran negatif dapat melemahkan sistim kekebalan tubuh.

Fakta itu didukung dengan hasil penelitian para ahli dari University of Wisconsin-Madison, yang menyatakan bahwa orang yang sering mempunyai pemikiran negatif, rentan terkena virus flu. Pikiran negatif tersebut menunjukkan adanya aktivitas pucak di otak sebelah kanan (the right pre frontal cortex) yang ternyata dapat membuat sistim kekebalan tubuh melemah. Sementara pikiran positif bersama emosi yang kita miliki, berhubungan dengan otak sebelah kiri (the left pre frontal cortex), yang dapat menguatkan sistim kekebalan tubuh kita.

“Emosi memainkan peranan penting dalam pengaturan kekebalan tubuh yang mempengaruhi kesehatan kita!” tutur Dr Richard Davidson dari University of
Wisconsin-
Madison. Jadi bila kita sedang merasa sebal, secara otomatis aktivitas otak sebelah kanan menjadi lebih tinggi daripada otak sebelah kiri. Artinya, tubuh Anda melemah sistim kekebalannya dan rentan dengan virus penyakit.

Jadi tunggu apalagi? Segeralah ubah pola pikir Anda agar jauh dari penyakit!

Sumber : Milis sebelah.

Leave a Response