Yukova Nathaniel

Anakku Karunia Besar Dari Tuhan

Tenanglah

Ada sebuah ayat indah dalam alkitab berbunyi demikian :
“Dalam tinggal tenang & percaya, terletak kekuatanmu.” Ketenangan merupakan satu kekuatan dashyat bila kita bisa mengelolanya dengan baik.

Ketika saya mengajar dalam suatu kelas motivasi, disebuah perusahaan asuransi, saya mengadakan sebuah permainan sederhana, saya menyebutnya : “Cool & Confidence”, caranya sederhana saja, saya keluarkan jam weker kesayangan saya dan meminta seluruh peserta menutup mata. Kemudian saya sembunyikan jam tersebut disuatu tempat.

Setelah itu, seluruh peserta membuka mata dan saya mengatakan, siapa dapat menemukan jam saya dalam 3 menit, maka saya akan memberikan hadiah uang Rp. 100.000,-.

Wah, karuan saja semua peserta semburat dan pada ribut untuk berlomba menemukan jam weker saya, semua ramai, semua berkompetisi, siapa cepat, dia dapat. Suasana kelas sangat “crowded” karena waktu yang saya sediakan hanya 3 (tiga) menit.

Akhirnya, setelah 3 menit, tak satupun peserta berhasil menemukan jam weker saya, lantas saya pun mengeluarkan jam weker tersebut dari tempat persembunyiannya.

Kemudian gantian saya yang menutup mata dan meminta peserta untuk segera menyembunyikan jam weker saya disuatu tempat. Setelah membuka mata, saya meminta agar semua tenang dan diam, lalu saya mulai mencarinya kesana kemari dan menemukannya hanya dalam waktu 1 menit 3 detik. Bagaimana bisa ?

Nah para peserta mulai bingung, bagaimana saya bisa menemukannya, sedangkan mereka tidak, padahal jumlah mereka lebih dari 20 orang dalam satu kelas, jadi seharusnya ada 20 lebih kemungkinan jam tersebut dapat ditemukan oleh mereka, namun nyatanya tak satupun sanggup menemukannya.

Ketika mereka tanya rahasianya, saya bilang “Rahasianya adalah saya minta anda semua diam dan tenang. Pada saat suasana tenang dan sepi, maka kita dapat mendengar suara jam itu lebih jelas, tik tok, tik tok, tik tok, dan akhirnya saya bisa menemukannya dengan mudah.

Dalam ketenangan, kita punya kemampuan yang lebih baik untuk “memanage” persoalan. Bila kita selalu menyelesaikan masalah-2 dalam suasana “rush” maka kita akan mengalami depresi dan jarang ada keputusan yang diambil dengan bagus dalam keadaan depresi.

Ingatlah !! “Dalam tinggal tenang dan percaya pada TUHAN, disitulah terletak kekuatan kita!”

Tuhan Memberkati Anda Sekalian.

Sumber: Benny

Leave a Response